KERANGKA ACUAN
KONSULTASI EDUKASI DIABETES MELITUS DAN ESSENTIAL
UNCONTROLLED HYPERTENSION (KADEUDEUH)
PUSKESMAS TAJUR
I. PENDAHULUAN
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya
kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih
mengutamakan upaya promotif dan preventif di wilayah kerjanya. Prinsip penyelenggaraan
Puskesmas meliputi paradigma sehat, pertanggungjawaban wilayah, kemandirian masyarakat,
ketersediaan akses pelayanan kesehatan, teknologi tepat guna, dan keterpaduan dan
kesinambungan. Puskesmas menggerakkan dan bertanggung jawab terhadap pembangunan
kesehatan di wilayah kerjanya, baik melalui usaha kesehatan perorangan (UKP) maupun
melalui usaha kesehatan masyarakat (UKM).
Pelayanan penyakit tidak menular (PTM) merupakan salah satu program pelayanan di
Puskesmas Tajur yang memberikan pelayanan promotif, preventif, dan kuratif dalam bentuk
usaha kesehatan masyarakat (UKM) esensial yang masuk ke dalam target standar pelayanan
minimal di bidang kesehatan.
Pelayanan PTM meliputi, tapi tidak terbatas, pada deteksi dini dan pengobatan
hipertensi dan diabetes mellitus. Pelayanan ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit
hipertensi dan diabetes mellitus di masyarakat sehingga penyakit tersebut dapat dikendalikan
dan tidak menyebabkan terjadinya komplikasi pada pasien yang akan berpengaruh pada
kualitas hidup pasien dan keluarga pasien.
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019, dalam
melaksanakan fungsi penyelenggaraan UKM tingkat pertama di wilayah kerjanya, Puskesmas
berwenang untuk melaksanakan komunikasi, informasi, edukasi, (KIE) dan pemberdayaan
masyarakat dalam bidang kesehatan. Pemberian KIE melalui edukasi oleh Puskesmas
dilakukan dengan berorientasi pada keluarga, kelompok, dan masyarakat dengan
mempertimbangkan faktor biologis, psikologis, sosial, budaya, dan spiritual. Penerapan
teknologi dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan digital dalam
kegiatan pelayanan edukasi kesgimul, baik komunitas maupun individu. Puskesmas Tajur
dalam hal ini menggunakan teknologi media informasi digital dalam kegiatan KADEUDEUH
meliputi konsultasi dan penjadwalan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan profil lipid
di wilayah kerja Puskesmas Tajur, baik di Puskesmas maupun secara mobile, agar masyarakat target dapat tetap mendapatkan pelayanan edukasi dan konsultasi terkait PTM dimanapun dan
kapanpun melalui media komunikasi digital.
II. LATAR BELAKANG
Saat ini beban pemerintah terhadap tingginya angka kesakitan akibat penyakit tidak
menular seperti hipertensi dan diabetes mellitus semakin meningkat. Penyakit ini bukan
hanya menyebabkan membengkaknya anggaran kesehatan untuk penanganan komplikasi
akibat penyakit tersebut tetapi juga dapat menurunkan kualitas hidup pasien yang akhirnya
mengancam kesejahteraan keluarga pasien, terutama jika pasien merupakan tulang punggung
keluarga. Deteksi dini dan pengendalian kondisi sistemik pasien tersebut dapat mencegah
terjadinya komplikasi pada pasien. Edukasi gaya hidup sehat dan pengendalian tekanan darah
dan kadar gula darah serta kolesterol pasien berkontribusi menjaga kondisi pasien tetap
terkontrol dan dapat mencegah pasien lain mengalami kondisi gangguan sistemik tersebut.
Mayoritas masyarakat yang berisiko maupun yang telah menderita kondisi tersebut
merupakan masyarakat kelompok pekerja produktif tidak jarang menyebabkan waktu
pelaksanaan pemeriksaan maupun edukasi dan konsultasi terbatas. Oleh karena itu, program
PTM Puskesmas Tajur merasa perlu untuk melakukan inovasi agar pelayanan PTM dapat
diakses oleh masyarakat secara digital dan penjadwalan pemeriksaan darah dapat
dikondisikan sehingga pasien tetap dapat melakukan konsultasi dan diberikan edukasi yang
diperlukan terkait hipertensi dan diabetes mellitus, hasil pemeriksaan darah pasien dapat tetap
terpantau, dan penjadwalan pemeriksaan dapat dilakukan. Inovasi KADEUDEUH hadir
untuk dapat memberikan pelayanan konsultasi, edukasi, penjadwalan pemeriksaan darah, dan
pemantauan kondisi pasien melalui raport KADEUDEUH agar pelayanan PTM di wilayah
Puskesmas Tajur dapat berlangsung secara berkesinambungan.
III. PENJARINGAN IDE
Berbagai ide diusulkan untuk meningkatkan akses dan cakupan PTM agar pelayanan
PTM di wilayah Puskesmas Tajur dapat berlangsung secara berkesinambungan. Opsi
pembuatan brosur fisik untuk edukasi dipertimbangkan. Namun brosur ini dirasa kurang
efektif karena harus disebarkan secara manual dan memerlukan biaya produksi yang cukup
besar. Opsi pembuatan media digital pun dipertimbangkan, namun dirasa tidak cocok dengan
karakter dan kebutuhan masyarakat target di wilayah Puskesmas Tajur.
Pembukaan pos di tempat tertentu di desa juga dipertimbangkan, namun hal tersebut
dirasa kurang efektif karena memerlukan sumber daya yang tidak sedikit. Berdasarkan
evaluasi tersebut maka diputuskan untuk membuat pelayanan yang dapat diakses oleh seluruh
masyarakat, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Tajur, dengan mudah, yaitu dengan
menggabungkan konsultasi dan edukasi secara online dengan pemeriksaan secara tatap muka
yang dibuat terjadwal di lokasi yang ditentukan bersama dengan kader desa agar dapat
menjangkau sebanyak mungkin target PTM.
IV. PEMILIHAN IDE
Setelah mempertimbangkan berbagai ide dan masukan yang ada, opsi
mengkombinasikan antara pelayanan konvensional dan digitalisasi pelayanan PTM
diputuskan menjadi inovasi PTM Puskesmas Tajur . Program PTM melakukan modifikasi
dalam pelaksanaan pelayanan dengan membuka pelayanan konsultasi dan penjadwalan secara
online melalui media komunikasi digital agar mempermudah konsultasi, edukasi, dan
pelaksanaan pelayanan inovasi KADEUDEUH. Petugas juga memberikan rapor
KADEUDEUH agar pasien dapat ikut memantau kondisi hipertensi dan/atau diabetes
mellitus yang diderita sehingga kondisi pasien dapat terkontrol.
V. TUJUAN
A. Tujuan Umum
Memberikan pelayanan program penyakit tidak menular, yaitu hipertensi dan/atau
diabetes mellitus tkepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Tajur
B. Tujuan Khusus
- Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor
risiko penyakit tidak menular hipertensi dan diabetes mellitus di wilayah kerja
Puskesmas Tajur
- Meningkatkan akses pelayanan kesehatan melalui pelayanan Kadeudeuh di Desa.
- Mempermudah deteksi dini dan pencegahan penyakit PT
- Bagi masyarakat yang menderita hipertensi dan/atau diabetes mempermudah
mendapatkan pengobatan dan pemantauan kondisi penyakit hipertensi dan/atau
diabetes secara rutin yang terpantau melalui RAPORT KADEUDEUH
- Menjaga kesinambungan pelayanan penyakit tidak menular di wilayah kerja
Puskesmas Tajur.
- Meningkatkan cakupan target pencegahan penyakit menular di wilayah kerja
Puskesmas Tajur.
VI. KEGIATAN POKOK DAN URAIAN KEGIATAN
A. Kegiatan Pokok
Konsultasi, Edukasi, dan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan profil lipid
B. Uraian Kegiatan
- Penentuan media digital untuk pelayanan KADEUDEUH
- Sosialisasi pelayanan KADEUDEUH
- Penjadwalan pelayanan KADEUDEUH
- Pelayanan KADEUDEUH oleh petugas PTM, meliputi konsultasi, edukasi,
pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan profil lipid
- Pencatatan kondisi pasien di raport KADEUDEUH
- Pelayanan penjadwalan kunjungan berikut untuk kontrol kondisi hipertensi dan
diabetes mellitus yang diderita pasien
- Pelaporan kegiatan KADEUDEUH setiap akhir bulan
VII. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN
Pelayanan KADEUDEUH dilakukan oleh petugas PTM dan dilaporkan setiap
akhir bulan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor sebagai bagian dari pelayanan
PTM Puskesmas Tajur.
- Petugas PJ Inovasi berkoordinasi dengan PJ Program PTM membuat formulir digital
untuk layanan KADEUDEUH dan menggunakan WhatsApp Bisnis sebagai media
koordinasi dengan kader (30 menit)
- Petugas PJ Inovasi berkoordinasi dengan PJ Program PTM menentukan waktu
pelayanan pemeriksaan darah profil lipid dan GDS dan mencantumkannya dengan
jelas di akun WhatsApp Bisnis (30 menit)
- Petugas PJ Inovasi berkoordinasi dengan PJ Program PTM membagikan link formulir
digital KADEUDEUH untuk disosialisasikan kepada masyarakat, baik melalui media
cetak di Puskesmas maupun melalui media komunikasi digital (60 menit)
- Pelayanan konsultasi dilakukan oleh PJ Program PTM melalui media komunikasi
Google Form, WhatsApp Bisnis, atau melalui tatap muka (30 menit)
- Konsultasi dilakukan melalui WhatsApp Bisnis, videocall, zoom, Google Meet, atau
melalui tatap muka (20 menit)
- Untuk pelayanan virtual, rujukan dan resep hanya diberikan sesuai instruksi dokter
dalam bentuk PDF dan dikirimkan kepada pasien melalui WhatsApp atau email. (20
menit)
- Raport KADEUDEUH dapat diberikan kepada pasien hipertensi dan/atau diabetes di
Posbindu PTM agar dapat memantau dan mengontrol kondisi PTM yang diderita
pasien. (20 menit)
VIII. SASARAN
Pasien dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Tajur seperti yang ditentukan oleh
Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor untuk wilayah kerja Puskesmas Tajur
IX. ANGGARAN
Anggaran KADEUDEUH melekat pada anggaran Program PTM Puskesmas Tajur
X. JADWAL KEGIATAN
Pelayanan KADEUDEUH dilakukan dengan jadwal sebagai berikut
XI. EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN
Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh Kepala Puskesmas setiap staff meeting
di bulan berikutnya bersamaan dengan evaluasi program kesgimul
XII. PENCATATAN PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN
- Pencatatan kegiatan dilakukan oleh PJ PTM yang merupakan penanggung jawab
program PTM
- Pelaporan pelaksanaan dilakukan oleh PJ PTM yang merupakan penanggung jawab
program PTM kepada Kepala Puskesmas Tajur dan Dinas Kesehatan Kabupaten
Bogor.
- Evaluasi pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh Kepala Puskesmas dalam staff meeting
di bulan berikutnya